Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Takabonerate Islands Expedition 2012

Kamis 22 November 2012, siang yang cerah di kota Benteng ibukota kabupaten Selayar, ribuan orang menyesaki bibir pantai menyaksikan rangkaian Takabonerate Island Expedition (TIE) 2012. Siang itu rombongan kami bersiap menuju ke Takabonerate, tepatnya di pulau Tinabo.
Setelah memastikan semua perbekalan sudah siap, kami menuju ke dermaga Benteng. Di dermaga sudah siap KLM. Cahaya Cemerlang yang akan membawa kami menuju ke pulau Tinabo. Tepat pukul 17.00 setelah menunggu agak lama KLM Cahaya Cemerlang mulai menjauh dari dermaga, menyusuri lautan menuju ke selatan.
Setengah jam berlalu, tampak di sebelah kanan kami cahaya matahari yang mulai berubah warna menjadi jingga, sebentar lagi dia akan kembali ke peraduan tenggelam di tengah laut. Menurut informasi dari teman-teman, perjalanan ke pulau Tinabo akan memakan waktu sekitar 8 jam, berarti sekitar jam 1 tengah malam. Mengisi waktu kosong selama 9 jam perjalanan, kami menyempatkan diri untuk istirahat sekedar mengumpulkan energi untuk petualangan di pulau Tinabo besok.
Jam 1 tengah malam kami terbangun, riuh rendah suara ABK kapal terdengar di geladak tempat kami tidur. Rasa ingin tau membuat saya beranjak dari pembaringan mendekati kumpulan ABK yang sedang berdiskusi. Rupanya kami sedang berada di sekitar pulau Tinabo kecil, beberapa mil lagi kami akan sampai ke pulau tujuan pulau Tinabo besar. Namun kondisi air laut saat itu sedang surut dan nahkoda kapal tidak mau mengambil resiko untuk terus melanjutkan perjalanan, takut kapal kami kandas dan yang pasti itu akan merusak terumbu karang. Akhirnya kami sepakat untuk melanjutkan perjalanan besok pagi tanggal 22 November 2012.
***
Pukul 6 pagi setelah shalat subuh kami melanjutkan perjalanan merapat ke dermaga pulau Tinabo besar. Dermaga kayu yang selama ini cuma bisa saya lihat melalui gambar-gambar saat browsing kata kunci “takabonerate” sekarang terpampang indah di depan mata, dihiasi umbul-umbul bertema kegiatan Takabonerate Islands Expedition 2012, menambah semarak suasana pagi yang menyambut rombongan kami di pulau Tinabo Besar. Rombongan kami langsung diarahkan menuju ke “tenda makan tamu” yang letaknya hanya beberapa meter dari dermaga, sarapan pagi pertama di Pulau Tinabo Besar sangat nikmat pagi itu.
Selesai sarapan, panitia mengarahkan kami menuju ke tenda-tenda peserta yang sudah disiapkan. Ada empat tenda peleton yang bisa menampung sampai 20 orang per tenda berjejer rapi di belakang sebuah resort. Saya dan teman-teman dari @Jalan2Seru_Mksr memilih mendirikan tenda sendiri, alasannya biar lebih privasi dan suasananya lebih dapat.
Setelah merapikan tenda dan barang-barang, kami menuju ke dermaga mengikuti arahan dari panitia, pagi itu kegiatan di Pulau Tinabo Besar dibuka dengan beberapa kegiatan yang peserta bisa pilih paket kegiatan yang mereka minati. Ada fam tour jelajah pulau, ada diving buat para diver yang sudah punya lisence dan ada fun diving serta snorkeling bagi peserta pemula. Saya dan teman-teman @Jalan2Seru_Mksr memilih paket terakhir, snorkeling. Ada tiga spot snorkeling yang kami kunjungi pagi itu, masih di sekitar pulau Tinabo Besar dan Tinabo Kecil. Ada 3 perahu dan 2 speed boat yang mengangkut lebih dari 40an peserta menjelajahi spot-spot snorkeling.
Puas ber-snorkeling ria, perahu-perahu kami diarahkan ke ujung selatan pulau Tinabo Besar, di sebuah gundukan pasir yang menyerupai tanjung kecil perahu menepi, kami spontan melompat dari perahu seolah tak ingin ketinggalan moment saat teman-teman berfoto bersama. Dari pantai yang bersih dan airnya yang sangat jernih kami melihat beberapa ekor baby shark berenang dengan bebasnya seakan tak peduli dengan kehadiran kami. Setelah puas berfoto dan menikmati pasir pantai yang bersih rombongan  kembali diarahkan oleh panitia untuk kembali ke camp.
Hari pertama di pulau Tinabo Besar betul-betul pengalaman yang luar biasa bagi kami, tak sedikit pun tergambar rasa lelah di wajah peserta TIE 2012, semua bahagia, semua menikmati kegiatan-kegiatan yang sudah disiapkan oleh panitia.
*  *  *
Hari kedua tak kalah seru lagi, snorkeling kami lakukan hanya di sekitar bibir pantai, tapi pemandangan bawah lautnya tak kalah dari spot-spot yang kami datangi kemarin. Aneka jenis ikan berenang kian kemari tanpa merasa risih dengan kehadiran kami. Beberapa teman-teman mengikuti kursus singkat menggunakan alat-alat diving, yang lain ada sedang mencoba kano dan sampan nelayan yang tertambat di dermaga, sementara yang belum puas menikmati pemandangan bawah laut masih mencari spot-spot snorkeling di sekitar dermaga, semua sibuk.

Malam kedua di pulau Tinabo semakin semarak, setelah makan malam kami tidak beranjak dari tenda makan karena malam itu ada acara ramah tamah dengan pengelola Taman Nasional Takabonerate, panitia, warga sekitar pulau dan juga peserta TIE 2012. Sangat meriah malam itu, tanpa sungkan kami berbaur dengan semua, bernyanyi bersama sambil bergoyang, menambah keakraban kami.